Selasa, 08 Juli 2014

Tanjung Luar, Lombok - Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok adalah salah satu tujuan wisata yang sudah dikenal di seluruh dunia. Hampir di setiap sudut pulau menyimpan keindahan alam yang masih natural. Selain itu juga terdapat pelabuhan sebagai tempat pelelangan ikan. Salah satu pelabuhan ikan di Lombok adalah pelabuhan Tanjung Luar, Lombok Timur. Tanjung Luar adalah salah satu desa di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di Lombok. Tanjung Luar juga merupakan wilayah pemukiman masyarakat Bugis yang tinggal di rumah-rumah bertiang.

Apabila anda bepergian ke Tanjung Luar pada pagi hari, anda akan disuguhi suasana pasar ikan yang ramai sekali. Para nelayan menurunkan hasil tangkapan ikan mereka untuk dibawa ke tempat pelelangan yang sudah ditunggu oleh para pembeli. Ikan yang dijual disini mulai dari ikan yang biasa kita lihat sehari-hari di pasar ikan  hingga ikan yang berukuran besar. Biasanya ikan yang berukuran besar tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan di perairan lepas Samudera Hindia hingga Laut Flores.



Pada salah satu sudut Tanjung Luar terdapat hutan Bakau yang masih alami dan belum dikelola oleh pemerintah dalam rangka pelestarian tanaman bakau disana. Selain itu, belum adanya hotel atau resort disana menyebabkan wisatawan yang berkunjung kesana harus melakukan perjalanan jauh dari Mataram ataupun menginap di Selong, Lombok Timur.





Tidak ada komentar: