Rabu, 14 Januari 2015

ADHD Pada Anak Perempuan

ADHD Pada Anak Perempuan ( sumber : http://www.iepattorney.com/ )
ADHD memiliki 3 gejala utama, yaitu perilaku hiperaktif, impulsif, dan kurang dapat memusatkan perhatian (perhatian mudah teralih). Anak laki-laki biasanya memiliki dua gejala yang pertama, sedangkan anak perempuan biasanya lebih sering mengalami gejala yang ketiga. Oleh karena itu, ADHD pada perempuan biasanya baru diketahui pada saat anak mulai tidak mampu mengerjakan tugas-tugas sekolah yang lebih rumit pada masa sekolah menengah pertama (SMP) atau sekolah menengah atas (SMA); atau saat anak mulai mengalami depresi.
Akan tetapi, banyak penyakit lainnya yang juga memiliki gejala yang sama dengan ADHD, seperti disleksia atau gangguan psikologis lainnya. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk memastikan apakah anak anda benar menderita ADHD atau bukan. Diagnosa dini dan penanganan secepatnya dapat membantu anak kehidupan anak anda nantinya.
TANDA ADHD YANG SERING DITEMUKAN
Tidak Suka Pergi ke Sekolah
Bila anak anda tampak takut atau tidak suka pergi ke sekolah, hal ini dapat merupakan salah satu petanda ADHD. Anda mungkin dapat menanyakan kepada anak anda apa penyebab mereka tidak mau pergi ke sekolah dan mengkonsultasikannya dengan dokter anda.
Merasa Tidak Mampu atau Kurang Percaya Diri
Bila anak anda seringkali berkata bahwa ia tidak mampu atau tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar, hal ini menunjukkan rasa percaya dirinya yang kurang. Ini dapat merupakan salah satu tanda ADHD yang lebih sering ditemukan pada anak perempuan.
Gangguan Interaksi Sosial
Hal ini terlihat pada saat anak anda kesulitan untuk mempunyai teman atau berteman. Anak biasanya bersikap dominan dan suka memerintah atau bahkan tidak bergaul sama sekali karena merasa dirinya tidak sesuai dengan lingkungan sekitarnya.
Kesulitan Mengerjakan Tugas
Biasanya anak anda sangat membutuhkan bantuan dalam mengerjakan tugas atau memerlukan pengawasan untuk dapat memusatkan perhatiannya dalam melakukan sesuatu.
Sering Ditegur Guru di Sekolah
Biasanya anda akan sering mendapatkan laporan dari para guru di sekolah anak anda bahwa anak anda seringkali kurang memperhatikan pelajaran di kelas, atau tidak mengerjakan tugas sekolah, atau perhatiannya mudah sekali teralihkan saat sedang mengerjakan suatu tugas.

Tidak ada komentar: